Jumat, 28 Oktober 2011

LAPORAN AKHIR KKN (BAB II)

BAB II

TUJUAN DAN SASARAN KULIAH KERJA NYATA

A. Tujuan Kuliah Kerja Nyata

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kegiatan intrakurikuler dengan tujuan utama untuk memberikan pendidikan dan pengalaman kepada mahasiswa sebagai bentuk pengabdiannya kepada masyarakat. Oleh karena itu pelaksanaannya membutuhkan lokasi yang tepat dan pelaksanaannya memerlukan keterlibatan masyarakat, sehingga realisasi yang diharapkan di lapangan nantinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang bersangkutan.

Pada dasarnya tujuan dari pelaksanaan KKN yaitu :
1. Mahasiswa akan mempunyai pengalaman bekerja yang berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat yang secara langsung menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi permasalahan pembangunan secara pragmatis dan interdisipliner.
2. Memberikan pendidikan kesiplinan dan sosial kemasyarakatan pada mahasiswa.
3. Membantu masyarakat dalam aktivitas keseharian dan melancarkan pembangunan di lokasi masing-masing.

Dengan demikian, melalui KKN akan terlihat bahwa perguruan tinggi bukan merupakan suatu kelembagaan yang terpisah dari masyarakat, tetapi merupakan suatu keterkaitan dan saling berinteraksi baik secara fisik maupun emosional antara perguruan tinggi dengan masyarakat. Hal ini disebabkan agar perguruan tinggi sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni akan terasa lebih nyata.
Hal tersebut juga didukung dengan asas-asas yang diterapkan dalam mengabdikan diri terhadap masyarakat. Asas-asas tersebut antara lain :
 Asas kelembagaan
 Asas amaliah dan amal ilmiah
 Asas inisiatif, inovatif dan kreatif
 Asas kerjasama
 Asas edukatif
 Asas kesinambungan

B. Sasaran Kuliah Kerja Nyata

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mempunyai tiga sasaran dalam mewujudkan seluruh program kerja yang telah di rencanakan, antara lain yaitu :
1. Mahasiswa
a. Memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang cara berpikir dan bekerja secara interdispliner sehingga dapat merasakan adanya saling interaksi, kerjasama antar seluruh lapisan masyarakat serta meningkatkan daya nalar mahasiswa terhadap penelaan, perumusan dan pemecahan suatu masalah dan kasus yang ditemukan selama proses Kuliah Kerja Nyata dan tak kalah penting adalah memahami seluk beluk keseluruhan dari masalah pembangunan dan perkembangan masyarakat.
b. Memperdalam pemahaman mahasiswa tentang pengaplikasian ilmu yang telah didapatkan di lembaga akademik.
c. Memberikan keterampilan kepada mahsiswa untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan masyarakat berdasarkan IPTEK secara interdispliner antar sektor.
d. Melatih mahasiswa sebagai dinamisator dan problemsolver.
e. Memberikan pengalaman belajar dan bekerja sebagai kader pembangunan sehingga terbentuk sikap dan rasa cinta terhadap kemajuan masyarakat.
f. Melalui pengalaman dalam melakukan penelaan, perumusan dan pemecahan masalah secara langsung, Akan menumbuhkan sikap profesionalisme dan kepedulian sosial yang tinggi dalam diri mahasiswa dalam arti peningkatan keahlian dan tanggung jawab.

2. Masyarakat dan Pemerintah Daerah
a. Memperoleh bantuan pemikiran dan tenaga serta IPTEK dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan.
b. Memperoleh pengalaman dalam menggali serta menumbuh kembangkan potensi swadaya masyarakat sehingga mampu beradaptasi aktif dalam pembangunan.
c. Terbentuknya kader-kader penerus pembangunan di dalam masyarakat serta terjamin kelanjutan upaya pembangunan.
d. Memperoleh metode baru dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan serta memperoleh bantuan dari mahasiswa dalam melaksananakan program dan proyek pembangunan yang berada di bawah tanggung jawabnya.

3. Perguruan Tinggi
a. Memperoleh umpan balik sebagai hasil pengintegrasian mahasiswanya dalam proses pembangunan di tengah masyarakat, sehingga kurikulum materi perkuliahan dan pengembangan ilmu yang diasah di perguruan tinggi dapat lebih disesuaikan dengan tuntutan nyata dari pembangunan.
b. Memperoleh berbagai macam masalah atau kasus yang dapat dijadikan acuan dalam memberikan materi perkuliahan dan menemukan pemecahannya serta dapat menelaah dan merumuskan berbagai macam problem di dalam masyarakat.
c. Meningkatkan, memperluas dan mempererat kerjasama dengan instansi serta pihak terkait lainnya melalui rintisan kerjasama selama proses Kuliah Kerja Nyata berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar