Senin, 09 Januari 2012

Proposal Jaringan

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Teknologi semakin canggih seiring berkembangnya jaman. Hal ini harus ditunjang dengan SDM manusia yang memadai. Salah satu tempat yang mendukung hal tersebut adalah kampus. Mahasiswa belajar sesuai dengan bidangnya di tempat tersebut.

Di era yang serba teknologi sekarang ini, semua kegiatan apapun yang dilakukan sehari-hari hampir tidak bisa lepas dari alat elektronik yang namanya komputer. Kegunaan komputer saat ini sangat beragam karena fungsinya yang semakin hari semakin berkembang sesuai dengan kebutuhan manusia yang semakin hari semakin bertambah pula. Kegiatan yang biasanya tidak bisa lepas dari pemakaian komputer diantaranya, kegiatan perbankan, administrasi perkantoran, pelayanan administrasi di rumah sakit, hingga lingkup dunia pendidikan.

Internet merupakan salah satu hasil perkembangan dari teknologi komputer. Pada masa ini hampir semua orang sudah menggunakan internet untuk menunjang kebutuhan akan informasi yang uptodate, selain dari media elektronik lainnya seperti televisi dan radio. Dunia pendidikan sangat butuh akan informasi, selain yang didapatkan dari buku-buku literatur dan media massa, juga dari aplikasi-aplikasi yang tersedia di internet karena kemudahan dan juga waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkannya cepat. Kegiatan akademik adalah bagian sentral dari suatu institusi pendidikan. Sehingga untuk menunjang agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik maka yang menentukan keberhasilannya adalah sistem yang digunakan. INTERNET merupakan suatu usaha yang sangat banyak diminati setiap orang. Usaha tersebut tidak luput dari beberapa saingan karna sudah banyak yang melakukan usaha tersebut sehingga daya saing semakin hari semakin meningkat. Dinas pendidikan khususya yang memiliki koneksi jaringan internet yang sangat di butuhkan para pegawai untuk melihat perkembangan dunia pendidikan sekarang ini.

Salah satu usaha yang dilakukan oleh dinas pendidikan sekarang ini yaitu mencoba melakukan usaha yang cukup membantu para pegawai untuk mencari perkembangan pendidikan secara. Agar bisa memenuhi kebutuhan pegawai, maka sistem yang dipakai harus lah bisa mendukung kegiatan tersebut agar bisa terlaksana dengan baik. Oleh karena beberapa kendala dan masalah tersebut di atas maka menjadi alasan bagi kami untuk mengambil judul ini

“ Membangun jaringan WIFI pada dinas pendidikan kota parepare”.

B. Identifikasi dan Rumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang yang sudah dikemukakan di atas maka masalah yang terindentifikasi adalah :
1. Kurangnya pegawai untuk mencari informasi di dunia maya.
2. Masih belum optimalnya pelayanan yang diberikan oleh pihak Pemerintah Kota Parepare.
3. Masih banyaknya komputer yang tersambung pada jaringan.

Berdasarkan permasalahan yang sudah teridentifikasi di atas, maka kami membuat rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana merancang jaringan WI-FI pada kantor tersebut?
2. Bagaimana menarik para pegawai agar mencari informasi di dunia maya?
3. Bagaiamana mengoptimalkan peran Pemerintah dalam membangun jaringan WI-FI?

C. Maksud dan Tujuan

Maksud dari penelitian ini adalah untuk Membangun jaringan WIFI pada dinas pendidikan kota parepare. Solusi dalam memecahkan permasalahan yang ada dalam membangun jaringannya.
Sedangkan tujuan dilaksanakannya penelitian adalah :
1. Untuk mengetahui seberapa banyak minat para pegawai-pegawai pada internet tersebut.
2. Untuk Membangun jaringan WIFI pada dinas pendidikan kota parepare.

D. Kegunaan Penelitian
Yang dimaksud dengan kegunaan penelitian adalah bagamaina manfaat yang akan dirasakan oleh beberapa pihak atas hasil dari penelitian yang telah dilakukan ini.

1) Kegunaan Praktis
Memberikan manfaat pada pegawai dalam memenuhi kebutuhan pegawai.

2) Bagi Penulis
Berguna dalam menambah atau memperkaya wawasan pengetahuan baik teori maupun praktek, belajar menganalisa dan melatih daya fikir dalam mengambil kesimpulan atas permasalahan yang ada didalam dinas pendidikan.

3) Bagi Pengembangan Ilmu
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi pembanding antara dinas-dinas yang lain. Sehingga dengan adannya perbandingan tersebut akan lebih memajukan pengetahuan kami khususya ilmu Teknik Informatika yang sudah ada untuk ditahapkan pada dunia nyata dan dapat menguntungkan berbagai pihak.

4) Bagi Peneliti Lain
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada peneliti lain atau para akademisi yang akan mengambil atau tugas akhir dalam kajian yang sama sekaligus sebagai referensi di dalam penulisan.

E. Batasan Masalah
Agar penelitian lebih mendalam pada materi pembahasan sehingga tidak keluar dari maksud dan tujuan yang telah ditetapkan, maka penulis membatasi permasalahan pada : Perancangan ini ditujukan kepada mahasiswa informatika khususnya kampus UMPAR.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

A. Kajian Pustaka

1. Pengenalan Jaringan Komputer
Dalam ilmu komputer dan teknologi informasi, dikenal istilah jaringan komputer. Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan lainnya dengan menggunakan media komunikasi, sehingga dapat saling berbagi data, informasi, program, dan perangkat keras (printer, harddisk, webcam, dsb). Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lain sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi. Setiap komputer atau periperal lainnya yang terhubung dengan jaringan disebut node. Dalam sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan bahkan mungkin jutaan node.

Berikut merupakan manfaat penggunaan jaringan komputer :

1. Berbagi perangkat keras.
Perangkat keras dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali, cukup dipasang ke komputer atau dihubungkan ke suatu peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya.

2. Berbagi program atau data.
Program atau data dimungkinkan untuk disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server. Cara ini memungkinkan perusahaan membeli sebuah perangkat lunak dan dipasang di server, kemudian orang yang memerlukannya dapat mengakses program tersebut.

2. LAN ( Local Area Network)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

3. Topologi Jaringan
Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Konfigurasi yang digunakan untuk membentuk jaringan secara fisik disebut topologi jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, dan star. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

4. Wireless LAN ( Jaringan lokal Nirkabel)
WLAN adalah suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya. Link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Area dapat berjarak dari ruangan tunggal ke seluruh kampus. Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kabel, dengan satu atau lebih titik akses jaringan menyambungkan pengguna nirkabel ke jaringan berkabel.LAN nirkabel adalah suatu jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi radio untuk komunikasi antara perangkat komputer dan akhirnya titik akses yang merupakan dasar dari transiver radio dua arah yang tipikalnya bekerja di bandwith 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a). Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b atau akomodasi IEEE 802.11g dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP dan atau WPA.

Wi-Fi (atau Wi-fi, WiFi, Wifi, wifi) merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya. Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

Secara teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLANs (wireless local area network). Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja di jaringan WLANs dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.

Teknologi internet berbasis Wi-Fi dibuat dan dikembangkan sekelompok insinyur Amerika Serikat yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan 802.16. Perangkat Wi-Fi sebenarnya tidak hanya mampu bekerja di jaringan WLAN, tetapi juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN).

5. Manfaat jaringan Komputer
Kebutuhan jaringan LAN umumnya sejalan dengan perkembangan sistem informasi manajemen yang dikembangkan pada organisasi tersebut ataupun sistem komputerisasi yang terjadi di dalam organisasi tersebut. Kebutuhan dasar yang menjadi alasan pembuatan jaringan LAN cukup banyak, diantaranya karena dibutuhkan adanya pertukaran data/ informasi antar pemakai komputer PC yang dilakukan secara langsung (on-line).

a. Adanya data yang digunakan oleh lebih dari satu pemakai komputer pada saat yang bersamaan (sharing data).

b. Dibutuhkan penyimpanan data yang terjamin keamanannya.

BAB III

METODE PENELITIAN

A. Jenis Penelitian
Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei, yang dipakai untuk tujuan eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang pembangunan jaringan wifi sebagai sumber belajar oleh mahasiswa prodi Informatika.

B. Subjek Penelitian
Subjek dalam penelitian ini akan dilaksanakan di dinas pendidikan Kota Parepare.

C. Faktor Yang Diselidiki
Adapun faktor-faktor yang akan diselidiki pada penelitian ini adalah:

1. Faktor pegawai dan prosesnya: Yaitu dengan mengamati pegawai ketika mencari informasi di komputer. Mengamati yang di maksud adalah:
a. Pegawai yang memakai komputer tersebut.
b. Pegawai yang mengkritik dinas pendidikan tersebut.
c. Pegawai yang memberikan masukan kepada kantor tersebut.
d. Pegawai yang merasa bosan ketika membuka komputer tersebut.

2. Faktor pemerintah: yaitu dengan memperhatikan keluhan-keluhan pegawai ketika mereka bosan di kantor tersebut.

3. Hasil : yaitu mengumpulkan keluhan-keluhan pegawai dan mencari sebuah solusi tersebut.

D. Instrumen Penelitian
Untuk memperoleh data yang akurat dalam penelitian ini maka peneliti menggunakan alat berupa instrumen. Instrumen yang digunakan terdiri dari proses pengumpulan keluhan, angket respon pegawai terhadap jaringan tersebut. Tes hasil pengumpulan dikembangkan oleh peneliti dan divalidasi oleh beberapa validator yang dianggap mengetahui hal tersebut.

E. Prosedur Penelitian
Prosedur kerja dalam penelitian tindakan ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Tahapan tersebut disusun dalam II siklus. Setiap siklus direncanakan dilaksanakan dalam beberapa pertemuan. Penelitian tindakan ini dilakukan oleh peneliti, sedangkan dinas pendidikan tersebut kota Parepare bertindak sebagai observer.

1. Siklus I

a. Tahap Perencanaan
Kegiatan yang dilakukan dalam tahap perencanaan ini meliputi:
1) Melaksanakan observasi awal pada warnet tempat penelitian.
2) Mengadakan peralatan perangkat keras untuk rencana dan maksud penelitian untuk memaksimalkan kinerja komputer khususnya Membangun jaringan WIFI pada dinas pendidikan kota parepare.
3) Membuat alat untuk perancangan WIFI.
4) Mengetes peralatan yang sudah disiapkan untuk Membangun jaringan WIFI pada dinas pendidikan kota parepare.

b. Tahap Tindakan
Kegiatan yang dilakuakan pada tahap tindakan ini meliputi:
1) Mengerjakan peralatan yang sudah disiapkan untuk jaringan WIFI.
2) Memberikan kesempatan kepada pegawai menikmati WIFI pada kantor tersebut.

F. Teknik Pengumpulan Alat

1. Sumber Alat
a. Alat untuk membangun jaringan wifi dengan cara memesan lagsung dari perusahan computer.
b. Alat tersebut dilakukan test apakah asli atau tidak supaya tidak mengalami kerugian pada pemilik tersebut.

2. Jenis Alat
Persiapan alat dan bahan :Sebenarnya alat dan bahan yang akan kita gunakan tergantung dari kebutuhan jaringan itu sendiri. Jarak pancar dan kondisi geografis pun menjadi suatu pertimbangan ketika kita hendak membangun sebuah Jaringan. Berikut adalah alat dan bahan yang akan digunakan :

1. PC dengan spesifikasi : P3-500 Mhz, RAM 32MB (min), HDD (min) 120MB, dan memiliki Network Inf. Card (10/100; 100/1000).
2. Modem (DSL/ADSL)
3. Internet Connection (Speedy, 3G, dan lain-lain)
4. Kabel LAN CAT 5 / CAT 6
5. Konektor RJ-45
6. Wireless Outdoor RB600 (2 bh AP A+B+G)
7. Antena OMNI Directional 20Db
8. Indoor Mikrotik® OS -3.24
9. Kabel Pigtail
10. Tiang Besi

Peralatan Pendukung:
- Kabel Ties
- Palu, Multimeter, Lan Tester
- Tang Potong, Tang Lancip dan Tang Kombinasi
- Obeng + dan –
- Tang Crimping
- Kawat Licin 2 mm
- Tiang Besi
- Isolasi Karet, Isolasi Biasa, Thermofit (Isolasi Bakar)
- Solder, Timah, Penghisap Timah.
- Plester Aluminium Foil

G. Teknik Pengumpulan Data
Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa angket. Penelitian ini bertujuan untuk mencari koefisien korelasi antara veriabel kontrol dengan variabel kecenderungan menggunakan jaringan wifi.

H. Analisis Data
Analisis data hasil penelitian menggunakan teknik analisis static deskriptif dan kualitatif. Analisis static deskriptif digunakan untuk mengetahui presentase tingkat penguasaan penggunaan jaringan wifi pada pegawai di kantor tersebut. Sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk mendiskripsikan keaktifan pegawai yang ada di kantor tersebut yang diketahui dari hasil dan kerja yang diperoleh dari hasil pemberian tugas pada setiap tahapan

BAB IV

PENUTUP

A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan jaringan wi-fi pada Dinas Pendidikan Daerah Kota Parepare dapat mempermudah pegawai dalam memenuhi kebutuhannya.

B. Saran
Diharapkan kepada Pemerintah daerah Kota Parepare agar mengoptimalkan pengembangan jaringan khususnya jaringan WIFI pada kantor Dinas Pendidikan Daerah Kota Parepare agar para pegawai dapat lebih mudah dalam mengerjakan pekerjaannya di kantor.

DAFTAR PUSTAKA

Computers and Communications. McGrawHilll.NY. 2003.

La Budde, Keith, Structured Programming Concept, MCGraw-Hill Book Company.

Tanenbaum, Andrew.S. Jaringan Komputer. Jilid 1. Prenhallindo. Jakarta.1997

Williams, Brian.K. Using Information Technology: A Practical Introduction to

http://www.microsoft.com/windowsxp/using/networking/setup/wired.mspx

Angket / Kuisioner

“Membangun Jaringan Wifi Pada Dinas Pendidikan Daerah Kota Parepare”

Nama :

Pekerjaan :

Alamat :

1. Apakah anda mengerti tentang jaringan wifi, terkhusus pada jaringan wifi yang ada pada kantor Dinas Pendidikan Kota Parepare ?

a. Sangat mengerti b. Mengerti c. Kurang mengerti d.Tidak mengerti

2. Apakah anda setuju dengan adanya jaringan wifi pada Kantor Dinas Pendidikan Kota Parepare ?

a. Sangat setuju b. Setuju c. Kurang setuju d. Tidak setuju

3. Apakah masyarakat / pegawai menerima dengan adanya sarana dan prasarana jaringan wifi di Dinas Pendidikan ?

a. Sangat menerima c. Kurang menerima

b. Menerima d. Tidak menerima

4. Apakah jaringan wifi bagi di Kantor Dinas Pendidikan bermanfaat ?

a. Sangat bermanfaat c. Kurang bermanfaat

b. Bermanfaat d. Tidak bermanfaat

5. Bermanfaat bagi siapa sajakah jaringan wifi pada Dinas Pendidikan ?

a. Pegawai c. Masyarakat dan pegawai

b. Masyarakat d. Tidak Keduanya

6. Apakah jaringan wifi pada Kantor Dinas Pendidikan Kota Parepare dibutuhkan ?

a. Sangat dibutuhkan c. Kurang dibutuhkan

b. Dibutuhkan d. Tidak dibutuhkan

7. Dari segi mana saja jaringan wifi membantu sistem kerja pada Kanor Dinas Pendidikan Kota Parepare ?
http://www.blogger.com/img/blank.gif
a. Mempermudah hubungan dan sistem kerja bagi pegawai di Kantor Dinas Pendidikan Kota Parepare tiap bidang dan kantor lain.

b. Mempermudah memperoleh informasi lewat jaringan wifi.

c. Sepakat pada pilihan a dan bhttp://www.blogger.com/img/blank.gif

d. Tidak sepakat pada pilihan a dan b

Ket :

Ceklis / lingkari yang sesuai dengan pendapat anda.

Thanks to : Irna Sulastrianingsih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar