Senin, 31 Oktober 2011

LAPORAN AKHIR KKN (Penutup)

BAB IV

PENUTUP

A. Kesimpulan

Dengan rampungnya program kerja Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kelompok 29 Desa Tonrong Rijang Kec. Baranti Kab. Sidrap, maka penjabaran Tri Dharma Perguruan Tinggi kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik. Melalui pelaksanaan KKN ini kami dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan di bangku kuliah dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat di Desa Tonrong Rijang.

Selain itu KKN juga mendidik mahasiswa untuk senantiasa meningkatkan dan menjaga kerjasama dan tingkat kepedulian sosial yang tinggi untuk mewujudkan suatu program kerja yang akan dicapai. Dari hal tersebut maka mahasiswa dapat meningkatkan wawasan serta pengalaman bahwa keberhasilan dan kesuksesan suatu pelaksanaan program kerja sangat ditentukan dan dipengaruhi oleh kerjasama yang baik antara sesama anggota kelompok, dosen pembimbing maupun masyarakat setempat. Dalam hal ini kami telah membuktikan bahwa dengan adanya kerjasama yang baik dengan masyarakat Desa Tonrong Rijang maka program kerja kami dapat terselesaikan sesuai yang diharapkan.

B. Saran

Sebagai upaya revitalisasi disegala bidang yang relevan dengan KKN, maka kami perlu mengemukakan beberapa saran yang sifatnya membangun, adapun sarannya antara lain:
1. Kekompakan dan kerjasama serta kesadaran akan tugas dan tanggung jawab merupakan kunci keberhasilan yang sangat perlu untuk dipertahankan dan dikembangkan secara terus menerus dan turun temurun.

2. Pihak Universitas lebih menekankan kepada setiap dosen pembimbing untuk selalu memantau keadaan mahasiswa KKN di lokasi, sehingga pelaksanaan program kerja dapat terlaksana secara efektif dan efisien serta tepat sasaran.

3. Dalam pembagian kelompok sebaiknya dalam satu kelompok terdapat mahasiswa dari tiap jurusan sehingga program kerja yang dilaksanakan bisa lebih bervariasi dan pertanggungjawaban pelaksanaan tiap bidang dapat lebih fokus dan efektif karena disesuaikan dengan jurusan yang dikuasai masing-masing.

4. Untuk pelaksanaan KKN yang akan datang sangat diharapkan agar tetap memperhatikan penempatan KKN yang berlokasi di luar Parepare agar kiranya tidak terkesan monoton dalam artian penempatan lokasi KKN tiap tahunnya hendaknya berbeda sehingga nama Institusi kita dapat lebih di kenal lagi di setiap daerah yang masih belum pernah di tempati Mahasiswa KKN dari Universitas Mahasiswa Parepare.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar