Kamis, 26 Juli 2012

The Moon That Embraces The Sun (Kutipan II)




Apa kau ingat saat belajar baduk (weiqi/catur cina), hindari musuh yang kuat dan pertahankan dirimu lebih dulu. (Heo Yeom)

Saya tidak bisa melakukan itu. Saya tidak mau mundur. Saya tidak bisa mundur dalam permainan catur. Ini juga yang kakak ajarkan. Begitu pula dengan perasaan manusia. Tidak peduli hasil akhir pemilihan, saya tidak bisa berbohong pada Yang Mulia. (Yeon Woo)



Ada seorang pria yang menemui Kong Hu Chu agar dipuji. Ayahnya telah memukulinya tapi pria itu tidak mengeluh, bukankah itu bakti?. Kong Hu Chu memarahinya, bagaimana jika ayahmu memukulimu sampai mati? Itu akan membuatmu menjadi anak tidak berbakti. Kelak, jika ayahmu memukulimu tanpa alasan, kau harus lari. (Pangeran Yang Myung)


Aku adalah pohon dan ingin tetap disini, tapi angin tidak berhenti bertiup. Apa lagi yang bisa kulakukan kecuali lari? (Pangeran Yang Myung)



Bagi rakyat jelata, tidak ada yang lebih berharga daripada 1 Nyang. Orang yang memiliki 10 ribu Nyang adalah orang kaya dan tidak akan berpikir kalau 1 Nyang itu berharga. Tapi jelas bagi orang yang tidak memiliki apa-apa, betapa berharganya 1 Nyang itu.
Jadi Raja berharga 1 Nyang karena Raja berharga bagi semua orang, kaya ataupun miskin. (Yeon Woo)

Meskipun berada di dekat matahari akan menarik bencana, takdir akan memaksanya berdiri di samping matahari dan melindunginya. (Nok Young)



Jika seseorang benar2 ingin mencari tempat untuk dirinya sendiri, bahkan jika ia harus menarik pengendara dari punggung kuda, dia akan menemukan jalan untuk memaksakan dirinya ke atas sana. (Putra Mahkota Hwon)


Anjingmu sendiri, jika diganggu akan menggigit juga. Jika kau baik padanya, maka ia akan mematuhi tuannya. (Menteri Yoon)


Diantara pria dan wanita tidak perlu ada keberuntungan. Ini tentang saling menyayangi. (Putri Min Hwa)







2 komentar: