Kamis, 17 November 2011

Makalah Konsep Sistem Informasi

TUGAS

KONSEP SISTEM INFORMASI

CONTOH KARAKTERISTIK SYSTEM
ORGANISASI SEBUAH PERUSAHAAN



DISUSUN OLEH :

ELA NURELLAH MASTI

208 280 040

TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE

2009

Sistem adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan

KARAKTERISTIK SISTEM

Karakteristik system antara lain :
 Struktur Organisasi
 Tata Kerja
 Bagian-bagian yang membangun system
 Tujuan system
 Bagaimana mengatasi kesalahan manajemen
 Bagaimana memajukan manajemen

1. Stuktur Organisasi
Struktur organisasi sebuah perusahaan


2. Tata Kerja
Adapun tata kerja dari system pada tiap-tiap bagian, yaitu :

 Bagian Marketing selain melakukan penjualan secara langsung kepada konsumen, juga menggunakan system penjualan online atau proses bisnis di internet yang mana perusahaan sebagai penyedia produk dan konsumen individu sebagai pembeli. Transaksi dilakukan secara elektronik menggunakan kartu kredit setelah mereka dapat memilih dari sekian banyak produk yang ditawarkan perusahaan lewat internet.

 Bagian Produksi, menerapkan system pengolahan manajemen informasi seperti laporan tingkat penjualan tertentu, dan laporan informasi lokasi barang tertentu. Serta laporan berisi informasi barang yang mendekati minimal stok untuk menghindari kehabisan barang tersebut.

 Bagian Keuangan, menggunakan system pengolahan database dalam membuat laporan penggajian karyawan, laporan pendapatan bulanan, laporan waktu kerja karyawan, laporan pengeluaran bulanan, serta laporan harian produksi produk baru.

3. Bagian Bagian yang Membangun System
Adapun bagian-bagian yang membangun system dalam sebuah perusahaan berikut fungsinya, antara lain yaitu :

 Direktur Utama
Bertanggung jawab penuh terhadap mati atau hidupnya perusahaan yang dipimpinnya

 Departemen Marketing
Bertanggung jawab penuh atas kelancaran penjualan produk dengan jalan mencari langganan pembeli

 Departemen Produksi
Bertanggung jawab atas kelancaran pembuatan produk.

 Departemen Keuangan dan Administrasi
Bertanggung jawab atas kelancaran pengeluaran keuangan perusahaan.
Bagian yang satu mempunyai ketergantungan dengan bagian yang lainnya.
Contoh :

Bagian marketing saling bergantung dengan bagian produksi dan bagian keuangan dan administrasi dalam hal penagihan pada customer.

Klasifikasi system :

 Bagian yang menggunakan system terbuka yaitu Bagian Marketing atau pemasaran yang mana berhubungan langsung dengan lingkungan luar atau konsumen.

 Bagian yang menggunakan system tertutup yaitu Bagian Administrasi dan Keuangan yang mana menggunakan Sistem komputer.
(Sistem ini hanya menerima masukan yang telah ditentukan sebelumnya, mengolahnya dan memberikan keluaran yang juga telah ditentukan sebelumnya, tidak terpengaruh oleh gejolak di luar sistem).

4. Tujuan System
Tujuan suatu system dalam sebuah perusahaan yaitu untuk memudahkan proses kerja dalam perusahaan tersebut. Seperti misalnya pada bagian Marketing atau Pemasaran, dengan adanya system penjualan online maka karyawan perusahan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk berkeliling dari suatu tempat ke tempat lain untuk mempromosikan produk perusahaan. Karena internet menyediakan kecepatan komunikasi yang akurat, akses yang cepat, tidak mahal dan mendunia.
Selain itu, dengan adanya system informasi pada Bagian Produksi dan Administrasi serta Keuangan, dapat memudahkan pencatatan hasil produk dan pembuatan laporan – laporan rutin perusahaan, meningkatkan efektifitas dan efisiensi para karyawan, karena system tersebut dapat menyimpan informasi dalam jumlah besar dan mudah untuk digunakan sehingga mampu mengotomatisasi proses bisnis dan pekerjaan manual.

5. Bagaimana Mengatasi Kesalahan dan Memajukan Manajemen
Adapun metode dalam meminimalisir kesalahan dan memajukan manajemen system, yaitu :

 Perencanaan kegiatan manajer perusahaan untuk menentukan tujuan dari system informasi yang digunakan dan membangun rencana jangka panjang dan pendek untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

 Pengelolaan struktur organisasi perusahaan, standar dan prosedur kerja, rancangan kebijakan untuk melakukan aktifitas bisnis.

 Penyediaan karyawan adalah tanggung jawab untuk mengidentifikasi kebutuhan karyawan, rekrutmen, pelatihan dan penempatan. Serta meoptimalisasikan kinerja karyawan yang cakap dalam mengoperqasikan system informasi pada bagian-bagian tertentu perusahaan.

 Pengawasan mengarah ke pendampingan, bimbingan dan pengawasan terhadap pekerja atau karyawan dalam menggunakan system tersebut.

 Pengendalian adalah tanggung jawab untuk memonitor kinerja organisasi dan ekonomi perusahaan serta lingkungan perusahaan sehingga langkah yang diambil meningkatkan kinerja dan keuntungan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar