Sabtu, 29 Oktober 2011

LAPORAN AKHIR KKN (BAB III)

BAB III

PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA

A. Dasar Penyusunan Program Kerja

Setelah pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR) Angkatan XIII Tahun 2011, setiap kelompok Mahasiswa KKN berangkat ke lokasi masing-masing sesuai dengan yang telah ditetapkan untuk melakukan survei lokasi. Kami kelompok 29 Mahasiswa KKN UMPAR Angkatan XIII Tahun 2011 yang ditempatkan di Kabupaten Sidenreng Rappang tepatnya di Desa Tonrong Rijang Kecamatan Baranti, sebelum mengawali kegiatan terlebih dahulu melakukan observasi baik melalui pengamatan langsung di lokasi maupun wawancara kepada masyarakat Tonrong Rijang.

Setelah melakukan observasi, kami menarik beberapa kesimpulan yang dapat dilaksanakan kemudian dituangkan dalam bentuk rencana Program Kerja. Setelah rancangan program kerja rampung selanjutnya rancangan program kerja itu diajukan dalam Seminar Program Kerja Mahasiswa KKN UMPAR Angkatan XIII Tahun 2011 Kelompok 29.

Dari hasil seminar tersebut, setelah melalui pertimbangan dan usulan dari berbagai pihak di Desa Tonrong Rijang, maka disusunlah program kerja untuk jangka waktu kurang lebih dua bulan selama berada di lokasi KKN. Program kerja tersebut terdiri dari kegiatan fisik dan non fisik. Selanjutnya dalam melaksanakan program kerja baik fisik dan non fisik dijadwalkan sedemikian rupa, sehingga dapat dilaksanakan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Dalam pelaksanaan program kerja, aspirasi dan partisipasi masyarakat sangat tinggi, hanya saja karena kesibukan masyarakat yang kesehariannya bertani dan berkebun membuat kami kurang dapat bantuan yang maksimal dari sebagian warga masyarakat. Akan tetapi hal itu tidak menghambat program yang telah kami rencanakan sehingga dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. (Adapun laporan hasil program kerja terlampir).

B. Metode Pelaksanaan

Dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Parepare Angkatan XIII Tahun 2011 ini, kelompok 29 telah menetapkan beberapa program kerja yang terbagi dalam beberapa bidang, yaitu :

1. Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan, meliputi :

a) Pengajian Desa
Pengajian ini dilaksanakan sebulan sekali di Masjid Taufiq Desa Tonrong Rijang dengan melibatkan masyarakat Desa Tonrong Rijang dan menghadirkan Ustadz Mustafa, S.Ag pada pengajian pertama dan Ustadz Drs. Muh. Nursin Jide pada pengajian kedua. Adapun persentase pencapaian 100%.

b) Mengajar Mengaji
Dilaksanakan ba’da Ashar setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu di Masjid Taufiq Desa Tonrong Rijang dengan jumlah santri sekitar 20 orang dan persentase pencapaian 100%.



c) Pesantren Kilat
Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara pihak sekolah dengan mahasaswa KKN dan berjalan dengan baik selama 1 (satu) minggu dengan peserta dari siswa kelas IV, V, VI di SD 1 Tonrong Rijang dengan persentase pencapaian 100%.


d) Lomba Adzan Lomba ini dilaksanakan sehari sebelum penutupan pesantren kilat di SD 1 Tonronge dengan peserta dari siswa kelas IV, V, VI di SD 1 Tonrong Rijang dengan persentase pencapaian 100%.


e) Lomba Hafalan Surah Pendek
Lomba ini dilaksanakan sehari sebelum penutupan pesantren kilat di SD 1 Tonronge dengan peserta dari siswa kelas IV, V, VI di SD 1 Tonrong Rijang dengan persentase pencapaian 100%.


2. Bidang Pendidikan dan Sosial Budaya, meliputi :

a) Mengajar di SD (Matematika dan Bhs. Inggris)
Kegiatan mengajar ini berlangsung selama 16 hari dengan menangani tiga kelas di SD 1 Tonrong Rijang yakni kelas IV, V, dan VI. Dan persentase pecapaian 100%.


b) Bimbingan Belajar Matematika
Bimbingan ini dilaksanakan ba’da Ashar tiap hari Selasa selama bulan Ramadhan di SD 1 Tonrong Rijang dengan melibatkan siswa-siswi kelas IV, V, dan VI. Dan presentase pencapaian 100%

c) Bimbingan Belajar Bahasa Inggris
Bimbingan ini dilaksanakan ba’da Ashar tiap hari Rabu selama bulan Ramadhan di SD 1 Tonrong Rijang dengan melibatkan siswa-siswi kelas IV, V, dan VI. Dan presentase pencapaian 100%


d) Bimbingan Belajar Komputer
Bimbingan ini dilaksanakan ba’da Ashar tiap hari Kamis selama bulan Ramadhan di SD 1 Tonrong Rijang dengan melibatkan siswa-siswi kelas IV, V, dan VI. Dan presentase pencapaian 100%

e) Ikut Serta dalam Perayaan 17 Agustus
Dalam pelaksanaan Perayaan 17 Agustus di Kecamatan Baranti, mahasiswa KKN Kelompok 29 Desa Tonrong Rijang turut berpartisipasi dengan melatih gerak jalan siswa SD, menghadiri pelaksanaan lomba gerak jalan, serta menghadiri upacara 17 Agustus di halaman Kantor Camat Baranti. Dan presentase pencapaian 100%.

3. Bidang Produksi, meliputi :

a) Pembuatan Keripik Daun Sirih
Pembuatan Keripik Daun Sirih merupakan program untuk membantu masyarakat mengenal olahan lain dari bahan daun sirih yang banyak dijumpai di Desa Tonrong Rijang. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari di rumah Ibu Ketua Tim Penggerak PKK dan dihadiri oleh ibu-ibu dari Desa Tonrong Rijang. Dan presentase pencapaian 100%.


b) Pembuatan Tempat Undangan
Pembuatan tempat undangan ini dilaksanakan selama satu hari di posko KKN UMPAR Kelompok 29 dengan melibatkan siswa-siswi SD 1 Tonrong Rijang. Dengan presentase pencapaian 100%.


c) Pembuatan Bingkai dari Pembungkus Snack
Pembuatan bingkai dari pembungkus snack bertujuan untuk mengolah bahan bekas berupa pembungkus snack menjadi lebih bermanfaat. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari di posko KKN UMPAR Kelompok 29 dengan melibatkan siswa-siswi SD 1 Tonrong Rijang. Dengan presentase pencapaian 100%.


d) Pembuatan Pupuk Organik
Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari di Aula Kantor Desa Tonrong Rijang dengan melibatkan masyarakat Desa Tonrong Rijang. Dengan presentase pencapaian 100%.

4. Bidang Sarana dan Prasarana, meliputi :

a) Pengadaan Lampu Jalan
Pengadaan lampu jalan ini bertujuan menyalurkan aspirasi masyarakat untuk menambah lampu jalan demi penerangan yang memadai di Desa Tonrong Rijang. Proses pengadaan lampu jalan berlangsung selama 1 bulan. Dan Alhamdulillah telah terpasang lampu jalan pada 9 titik di Desa Tonrong Rijang, dengan persentase pencapaian 100%.


b) Pengadaan Batas Dusun
Proses pengadaan batas dusun berlangsung selama 10 hari. Dengan menghasilkan batas dusun beton yang permanen, dan persentase pencapaian 100%.


c) Pembuatan Papan Nama Pekuburan
Pembuatan papan nama pekuburan Islam Tonrong Rijang berlangsung selama 2 hari. Dengan melibatkan masyarakat Tonrong Rijang, dan persentase pencapaian 100%.


d) Pengecatan Ulang Nama Jalan
Pengecatan ulang nama jalan berlangsung selama 10 hari. Dengan pengecatan 15 papan nama jalan di sekitar Desa Tonrong Rijang, dan persentase pencapaian 100%.


5. Bidang Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan, meliputi :

a) Baksos
Kegiatan Baksos ini berlangsung selama 4 hari yakni tanggal 30 dan 31 Juli, serta 6 dan 13 Agustus 2011 di Masjid Taufiq Desa Tonrong Rijang. Dengan presentase pencapaian 100%.


b) Penyuluhan PHBS pada anak
Penyuluhan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2011 di SD 1 Tonrong Rijang dengan melibatkan siswa-siswi kelas I, II, III, dan IV. Dengan presentase pencapaian 100%.


c) Senam Umum
Senam Umum dilaksanakan tiap hari sabtu setelah Bulan Ramadhan dengan melibatkan siswa-siswi SD 1 Tonrong Rijang dan masyarakat Desa Tonrong Rijang. Dengan presentase pencapaian 100%.


6. Bidang Administrasi Pemerintahan, meliputi :

a) Pengadaan Foto-Foto Mantan Kepala Desa
Proses Pengadaan Foto-Foto Mantan Kepala Desa berlangsung selama 5 hari, dan hasilnya telah terpasang foto-foto mantan kepala desa di Aula Kantor Desa Tonrong Rijang. Adapun presentase pencapaiannya yaitu 100%.


7. Program Tambahan, meliputi :

a) Buka Puasa Bersama
Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari pada Bulan Ramadhan bertempat di posko KKN UMPAR Kelompok 29 dengan melibatkan Siswa-Siswi SD maupun orang tua siswa. Adapun presentase pencapaiannya yaitu 100%.

b) Posyandu
Partisipasi dalam posyandu ini dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus dan 16 September 2011 bertempat di Posyandu Desa Tonrong Rijang dengan melibatkan kader posyandu dan masyarakat Desa Tonrong Rijang. Dengan presentase pencapaian yaitu 100%.

c) Vaksinasi Flu Burung
Penyuluhan vaksinasi flu burung ini dilaksanakan selama 1 hari di rumah Bapak Syahyuddin dengan melibatkan Masyarakat Desa Tonrong Rijang dan menghadirkan Penyuluh dari BPP Passeno. Adapun presentase pencapaiannya yaitu 100%.

C. Faktor Pendukung dan Penghambat
Dalam pelaksanan Kuliah Kerja Nyata (KKN) khususnya kelompok 29 yang berlokasi di Desa Tonrong Rijang Kec. Baranti Kab. Sidrap, tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program kerja, diantaranya :

1. Faktor Pendukung
Adapun hal yang sangat mendukung aktivitas kami mulai dari tahap observasi di lapangan, penyusunan program kerja dan realisasinya, sampai tingkat penyelesaian laporan akhir KKN yakni adanya kekompakan dan kerja sama yang baik dari anggota kelompok 29 serta koordinasi dan arahan dari dosen pembimbing Bapak Andi Firdaus Djollong, SE.

Selain itu dukungan moril serta semangat kebersamaan yang diberikan oleh mahasiswa KKN kelompok lainnya serta bantuan dari Kepala Desa maupun masyarakat Tonrong Rijang juga menjadi penunjang keberhasilan dan kesuksesan program kerja yang kami laksanakan selama masa Kuliah Kerja Nyata di Desa Tonrong Rijang.

2. Faktor Penghambat
Selain faktor pendukung, pelaksanaan program kerja yang telah kami rencanakan dan susun sedemikian rupa tetap mengalami hambatan dalam pelaksanaannya. Terutama dalam pelaksanaan kegiatan fisik seperti pengadaan lampu jalan dan batas dusun, kami mengalami kendala dalam hal pendanaan kegiatan tersebut.

Juga fenomena kehidupan masyarakat yang tidak semuanya berpartisipasi dalam pelaksanaan program kerja kami dikarenakan kesibukan mereka dalam menjalani profesi mereka yang sebagian besar petani , sehingga otomatis menghabiskan sebagian waktunya di kebun dan di sawah. Namun kendala tersebut menuntut kami untuk lebih mengoptimalkan kerja demi terlaksanyanya seluruh program kerja yang telah direncanakan.

Alhamdulillah berkat upaya yang maksimal dari seluruh anggota KKN Kelompok 29 serta dukungan dari Bapak Dosen Pembimbing dan Tokoh Masyarakat di Desa Tonrong Rijang sehingga program kerja kami yang sebanyak 25 kegiatan tersebut dapat terlaksana sesuai harapan dan dapat terselesaikan pada jadwal dan waktu yang telah ditentukan.

6 komentar:

  1. sangat menarik
    kutunggu kunjungannya
    di agrotekumpar.blogspot.com

    BalasHapus
  2. baru sempat liat.. makasih kunjungannya ^_^
    LiLa

    BalasHapus
  3. makasih kak.. sudah bisa liat gambaran KKN melalui Blog ini :-)

    BalasHapus
  4. oh iya sama2 de'.. selamat KKN yahh.. semoga sukses :)

    BalasHapus
  5. sama2.. senang bisa bantu.. sukses ya..!!!

    BalasHapus