Minggu, 01 April 2012

Laporan Magang Bab I

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari bukanlah suatu hal yang asing lagi terutama pada perusahaan-perusahaan / instansi-instansi pemerintah. Hal ini didukung oleh perkembangan dunia teknologi informasi dan komputerisasi yang mau tidak mau membuat setiap perusahaan dan kantor harus memanfaatkan komputer sebagai suatu alat elektronik yang sangat membantu manusia dalam menyelesaikan berbagai masalah-masalah secara efektif dan efisien.

Perkembangan teknologi mempengaruhi perkembangan informasi seperti teknologi komputer yang dapat mempermudah pengolahan data, dari system pengolahan data secara manual menjadi system pengolahan data secara elektronik dan sistematis. Dengan demikian, kebutuhan akan pengolahan data dengan menggunakan komputer merupakan hal yang tidak dapat dihindari lagi saat ini.

Hal tersebut yang menjadi dasar kami mengangkat topik “ Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Parepare”. Diharapkan dengan adanya program ini dapat diketahui mengenai informasi yang berkenaan tentang pegawai Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Parepare.

B. Batasan Masalah

Sebagaimana diketahui bahwa Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Parepare merupakan salah satu instansi yang terbagi ke dalam beberapa unit kerja atau bidang bidang tertentu yakni Bidang Sekretaris, Bidang Kebersihan, Bidang Pertamanan dan Keindahan, serta Bidang Sarana dan Prasarana. Pada kesempatan ini penulis hanya membatasi / terfokus pada suatu bagian kerja saja yaitu Bidang Sekretaris khususnya pengolahan data pegawai pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Parepare.

C. Manfaat dan Tujuan Penulisan

 Manfaat penulisan laporan antara lain :

1. Untuk merealisasikan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan, khususnya hal pemrograman yang telah diperoleh dan dipelajari di Prodi Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Parepare.
2. Menjadikan bahan perbandingan terhadap problematika yang terdapat dalam lingkungan kerja dan bangku perkuliahan, khususnya tentang data yang akan dikomputerisasikan.
3. Mempelajari mekanisme kerja dan standar operasional prosedur pada suatu instansi atau perusahaan yang bersangkutan.
4. Sebagai bahan acuan terhadap keberhasilan dan kemajuan dalam hal proses penerapan ilmu pengetahuan, khususnya menyangkut pemrograman komputer.
5. Untuk memenuhi salah satu syarat dalam kelulusan dalam mata kuliah Desain Sistem yang dibawakan oleh Bapak Ferdiansyah, S.Kom.

 Tujuan penulisan laporan antara lain :

1. Pemaparan cara pembuatan program aplikasi komputerisasi Data Pegawai pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Parepare
2. Pemaparan tingkat efisiensi dan efektifitas aplikasi komputerisasi Data Pegawai pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Parepare

D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Adapun waktu dan tempat pelaksanaan magang yaitu mulai Hari Senin Tanggal 04 April 2011 sampai dengan Hari Rabu Tanggal 04 Mei 2011, pada ruangan Sekretaris Kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Parepare.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar