Sabtu, 21 April 2012

Laporan Magang Bab IV (Bagian I)

BAB IV

SISTEM INFORMASI YANG DIKEMBANGKAN

A. Dasar Pemikiran dan Tujuan

Dasar pemikiran penyusun dalam membuat laporan ini yaitu karena adanya masalah yang penyusun dapatkan pada lokasi magang yaitu pada bagian sekretaris Kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Parepare. Dimana sistem atau cara yang digunakan dalam pencatatan data pegawai tersebut diolah melalui sistem komputer penginputan data yang masih menggunakan cara manual yaitu melalui Microsoft Excell.

Oleh karena itu, tujuan dari laporan ini yaitu penyusun mencoba membuat program sistem informasi tentang pengolahan data pegawai pada Kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Parepare dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic. Dengan demikian diharapakan dapat membantu memudahkan pengolahan data pegawai pada kantor/lokasi magang tersebut.

B. Spesifikasi Input dan Output

a. Spesifikasi Input

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah penginputan data baru. Perlu diketahui bahwa untuk menginput diperlukan sarana penginputan, artinya tempat dimana data itu harus diinput dan setelah itu dapat disimpan sehingga sewaktu-waktu dapat dilihat kembali untuk dilakukan pencetakan data pegawai pada kantor tersebut.

Untuk tampilan sarana atau form penginputan dapat dilihat pada gambar berikut ini:



b. Spesifikasi Output

Agar user/pengguna lebih mudah dalam melihat serta menyiapkan data-data yang akan dijadikan sebagai sebuah laporan serta untuk mengetahui benar tidaknya data yang dimasukkan, maka pada program yang kami buat telah disediakan sebuah program yang bertujuan untuk menampilkan seluruh data yang telah diinput sebelumnya. Program ini sangat bermanfaat sebab pengguna dapat melihat tampilan sementara pada layar sebelum mencetak ke printer, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tampilan gambar berikut.



C. Spesifikasi Database

Dalam program ini digunakan 1 database yaitu DatabaseDKP, yang didalamnya terdapat 1 tabel yaitu TabelDKP.

Struktur tabelnya sebagai berikut:



D. Spesifikasi Program

Tidak ada komentar:

Posting Komentar